Daftar Sayuran dan Ikan yang Aman Dikonsumsi Pengidap Asam Urat

Jakarta –

Gout atau sering disebut asam urat merupakan hasil metabolisme dalam tubuh, yang kadarnya tidak boleh berlebih. Setiap orang memiliki asam urat di dalam tubuh, karena pada setiap metabolisme, normal dihasilkan asam urat.

WHO menjelaskan bila tidak berlangsung secara normal, atau kadar asam urat berlebih, akan terjadi proses penumpukan kristal dari asam urat pada persendian yang berakhir rasa sakit cukup tinggi.

Peningkatan kadar asam urat dapat mengakibatkan gangguan pada tubuh manusia seperti perasaan linu-linu di daerah persendian dan sering disertai timbulnya rasa nyeri yang teramat sangat bagi pengidapnya.

Karenanya mereka dengan asam urat tinggi sebaiknya tidak mengonsumsi makanan berikut terlebih dulu:
1. Daging Merah dan Jeroan CERUTU4DTERPERcaya.com

Daging merah memiliki kadar purin lebih tinggi dibandingkan daging putih. Mengonsumsi lebih banyak daging merah termasuk daging sapi dan jeroan organ termasuk hati, lidah, meningkatkan risiko serangan asam urat berulang.
Baca juga:
6 Minuman Penurun Asam Urat, Enak dan Gampang Dibuat
2. Ikan hingga Kerang

Jenis ikan tertentu diketahui mengandung purin lebih tinggi dan sebaiknya dibatasi bila tidak ingin mengalami serangan asam urat. Ikan seperti tuna, trout, herring, sarden, dan ikan teri memiliki kandungan purin yang lebih tinggi, begitu pula kerang hingga udang, tiram, kepiting, serta lobster.
3. Makanan dan Minuman Manis

Makanan dan minuman yang mengandung fruktosa, terutama dengan kandungan sirup jagung fruktosa tinggi, harus dihindari saat menjaga pola makan demi menghindari serangan asam urat. CERUTU4DTERPERcaya.com

Lebih baik menghindari konsumsi soda dan minuman manis lain, juga buah kalengan atau jus buah, dan produk tinggi gula lain termasuk snack bar, donat, kue kering, permen, dan beberapa sereal sebagai sarapan.

Lantas Apa yang Masih Aman Dikonsumsi? CERUTU4DTERPERcaya.com

Baca artikel detikHealth, “Daftar Sayuran dan Ikan yang Aman Dikonsumsi Pengidap Asam Urat” selengkapnya https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-7225952/daftar-sayuran-dan-ikan-yang-aman-dikonsumsi-pengidap-asam-urat.

CERUTU4DTERPERcaya.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *