Konstruksi Kasus Pemerasan di Rutan KPK: Ada Lurah, Total Uang Rp6,3 M

Jakarta, CNN Indonesia —
cerutu4dterpercaya.com
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan 15 orang sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemerasan di lingkungan Rumah Tahanan Negara (Rutan) KPK. Mereka langsung dilakukan penahanan selama 20 hari pertama hingga 3 April 2024 di Rutan Polda Metro Jaya.

Mereka ialah Hengki selaku ASN/Koordinator Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Rutan KPK periode 2018-2022; Kepala Rutan KPK 2022-sekarang Achmad Fauzi; Pegawai Negeri Yang Dipekerjakan (PNYD) yang ditugaskan sebagai Petugas Keamanan atas nama Deden Rochendi, Sopian Hadi, Ristanta (juga sempat menjabat Plt. Karutan KPK tahun 2021).

Kemudian PNYD yang ditugaskan sebagai Petugas Cabang Rutan KPK atas nama Ari Rahman Hakim, Agung Nugroho, Eri Angga Permana, Muhammad Ridwan.

cerutu4dterpercaya.com
Selanjutnya Petugas Cabang Rutan KPK atas nama Suherlan, Ramadhan Ubaidillah A, Mahdi Aris, Wardoyo, Muhammad Abduh, dan Ricky Rachmawanto.
Lihat Juga :cerutu4dterpercaya.com
Pimpinan KPK Minta Maaf 15 Pegawai Jadi Tersangka Dugaan Pemerasan
cerutu4dterpercaya.com

Direktur Penyidikan Asep Guntur Rahayu menuturkan kasus tersebut bermula saat Hengki yang merupakan PNYD di KPK ditugaskan sebagai Petugas Cabang Rutan dan Deden ditugaskan sebagai Petugas Keamanan merangkap Plt. Kepala Cabang Rutan KPK.

Sekitar tahun 2019 di salah satu kafe di Tebet, Jakarta Selatan, diadakan pertemuan yang melibatkan Deden, Hengki, Ridwan, Ramadhan, dan Ricky. Pertemuan tersebut dalam rangka menunjuk dan memerintahkan Ridwan sebagai “lurah” di Rutan Pomdam Jaya Guntur, Mahdi Aris sebagai “lurah” di Rutan Gedung Merah Putih, dan Suharlan sebagai “lurah” di Rutan Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi (ACLC).

Berlanjut pada 2020, terjadi pergantian komposisi personel “lurah” di antaranya Wardoyo, Abduh, Ricky, dan Ramadhan.

“Adapun tugas ‘lurah’ yaitu mengumpulkan dan membagikan sejumlah uang dari para tahanan melalui koordinator tahanan (Korting) di tiga Rutan Cabang KPK,” ungkap Asep.
Lihat Juga :cerutu4dterpercaya.com
KPK Tahan 15 Tersangka Pemerasan di Rutan

“Kaitan sebutan ‘Korting’ adalah perwakilan para tahanan yang ditugaskan sebagai pengumpul sejumlah uang dari para tahanan,” imbuhnya.

Asep mengatakan penunjukan Korting merupakan inisiatif Hengki yang dilanjutkan oleh Achmad Fauzi saat menjadi Karutan Cabang KPK definitif di tahun 2022.
cerutu4dterpercaya.com
Modus yang dilakukan Hengki dkk terhadap para tahanan di antaranya memberikan fasilitas eksklusif berupa percepatan masa isolasi, layanan menggunakan handphone dan power bank, hingga informasi sidak.

“Sedangkan bagi para tahanan yang tidak atau terlambat menyetor diberikan perlakuan yang tidak nyaman di antaranya kamar tahanan dikunci dari luar, pelarangan dan pengurangan jatah olahraga dan mendapat tugas jatah jaga dan piket kebersihan yang lebih banyak,” ungkap Asep.

Baca artikel CNN Indonesia “Konstruksi Kasus Pemerasan di Rutan KPK: Ada Lurah, Total Uang Rp6,3 M” selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240316051911-12-1074944/konstruksi-kasus-pemerasan-di-rutan-kpk-ada-lurah-total-uang-rp63-m.cerutu4dterpercaya.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *