Mimpi Basah Siang Hari di Bulan Ramadhan, Apakah Puasanya Batal?

Mimpi basah adalah peristiwa keluarnya air mani saat tidur. Pasalnya Penyebabnya ialah karena testis dan salurannya terisi penuh sperma sehingga ini merupakan cara alami tubuh untuk mengeluarkan sperma yang terbentuk secara terus menerus.

Advertisement

Hal ini tentu saja bukan sesuatu yang aneh. Perihal mimpi basah ini sering memunculkan pertanyaan terlebih jika dikaitkan dengan seseorang yang di siang hari tengah melaksanakan ibadah puasa.

Terlebih sebentar lagi kita akan memasuki bulan Ramadhan yang di dalamnya terdapat perintah kewajiban seorang muslim untuk menjalankan ibadah puasa.

Tentu saja perlu dan penting mengetahui hal-hal yang membatalkan puasa. Termasuk perihal mimpi basah di siang hari saat puasa. Maka pertanyaannya ialah apakah mimpi basah siang hari di bulan Ramadhan dapat membatalkan puasa?


Apakah Puasanya Batal?

Menukil NU Online, Syekh Nawawi di dalam kitab Nihayatuz Zain menerangkan bahwa puasa seorang Muslim akan dinyatakan batal apabila keluar air mani karena ada persentuhan atau kontak langsung antarkulit sebagai indera perasa dengan suatu barang lain. cerutu4dterpercaya.com

Misalnya mencium, menggenggam tangan atau alat kelamin menempel pada sesuatu hingga keluar air mani. Inilah yang dapat membatalkan puasa.

Namun, apabila proses keluarnya air mani itu tidak disengaja atau terjadi dengan sendirinya, tanpa ada keinginan dan proses persentuhan langsung maka puasanya tidak batal. Salah satu contoh penyebab air mani keluar secara tidak sengaja adalah bermimpi atau mimpi basah pada siang hari.

Advertisement cerutu4dterpercaya.com

Senada dengan penjelasan Syekh Nawawi, ulama Mesir Syekh Ali Jum’ah di dalam buku ‘Menjawab 99 Soal Keislaman’ menerangkan bahwa mimpi basah pada siang Ramadhan tidak membatalkan puasa seseorang.

Bagi orang yang sedang berpuasa lalu bermimpi dan keluar air mana, maka ketika terbangun dari tidur harus segera mandi junub dan melanjutkan puasa hingga waktu maghrib, serta tidak berkewajiban membayar utang puasa. cerutu4dterpercaya.com

Syekh Ali Jum’ah menegaskan, orang yang sedang tidur sama seperti anak kecil dan orang gila yaitu sama-sama tidak terkena aturan Allah. cerutu4dterpercaya.com

Mereka tidak dinilai berdosa saat berbuat kesalahan sampai terbangun (bagi orang yang tidur), menjadi dewasa (bagi anak-anak), dan sehat kembali (bagi orang gila). Dengan kata lain, orang berpuasa yang mengalami mimpi basah alias keluar air mani lewat mimpi di siang Ramadhan tidak dihitung sebagai perbuatan yang berdosa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *