Tabrakan Dahsyat Pesawat di Jepang Buktikan Kekhawatiran Pakar

Baca artikel detikinet, “Tabrakan Dahsyat Pesawat di Jepang Buktikan Kekhawatiran Pakar” selengkapnya https://inet.detik.com/cyberlife/d-7123737/tabrakan-dahsyat-pesawat-di-jepang-buktikan-kekhawatiran-pakar.

Tokyo –

cerutu4dterpercaya.com


Tabrakan dahsyat di landasan pacu bandara Haneda, Tokyo, telah menimbulkan kecemasan mengenai kesenjangan teknologi dalam keselamatan bandara. Kecelakaan ini seolah jadi bukti kekhawatiran yang sudah disuarakan sebelumnya mengenai potensi insiden semacam ini.

Seperti diberitakan, 379 penumpang pesawat Japan Airlines (JAL) Airbus A350 selamat setelah tabrakan dengan pesawat Dash-8 Coast Guard yang ada di landasan. Lima korban tewas adalah awak pesawat penjaga pantai itu.

Masih terlalu dini menentukan penyebabnya. Penyelidik sedang memeriksa percakapan antara pengontrol dan pilot. Pihak berwenang Jepang mengatakan A350 itu diberi izin untuk mendarat. Di sisi lain, pesawat Penjaga Pantai tidak diizinkan lepas landas.

Baca juga: cerutu4dterpercaya.com
Japan Airlines Terbakar dan Semua Penumpang Selamat, Ini Penjelasannya

Dikutip detikINET dari Reuters, ini adalah kecelakaan signifikan pertama Airbus A350 yang beroperasi sejak 2015, dan kehancuran pertama akibat kebakaran pada pesawat komposit karbon generasi baru. cerutu4dterpercaya.com

Belum lama ini, kelompok keselamatan di AS menyerukan tindakan global untuk mencegah potensi tabrakan di landasan pacu ketika langit jadi lebih padat. “Meski ada upaya selama bertahun-tahun untuk mencegahnya, itu masih terjadi,” kata CEO Flight Safety Foundation Hassan Shahidi.
cerutu4dterpercaya.com
“Risiko pelanggaran landasan pacu merupakan kekhawatiran global, dan potensi konsekuensi dari pelanggaran tersebut sangat parah,” tambahnya.

Meski tabrakan darat yang mengakibatkan cedera atau kerusakan jarang terjadi, potensi korban jiwa termasuk yang tertinggi dan kejadian nyaris celaka sering terjadi.

Tahun 2016, pesawat China Eastern Airbus A320 yang mengudara dari Shanghai hampir menabrak A330 dari maskapai yang sama. Banyaknya kejadian nyaris celaka di Amerika Serikat juga menyebabkan dibentuknya panel ahli untuk mengatasi kelelahan staff pengontrol. cerutu4dterpercaya.com

Flight Safety Foundation menyebut gangguan komunikasi sering berperan dalam hal ini. Kurangnya peralatan elektronik untuk menghindari tabrakan di darat dibandingkan di udara juga jadi perhatian.

“Banyak insiden serius bisa dihindari melalui teknologi kesadaran situasional yang lebih baik yang dapat membantu pengontrol lalu lintas udara dan pilot mendeteksi potensi insiden di landasan pacu,” kata Shahidi.

Administrasi Penerbangan Federal mengatakan 35 bandara AS dilengkapi sistem yang disebut ASDE-X yang menggunakan radar, satelit, dan alat navigasi untuk melacak pergerakan di bandara.cerutu4dterpercaya.com

Tahun 2018, Airbus bekerja sama dengan Honeywell pada sistem yang disebut SURF-A, atau Surface-Alert, untuk membantu mencegah tabrakan di landasan dengan memberikan peringatan visual dan audio ke pilot. Namun karena cukup mahal dan faktor lain, teknologi itu belum diimplementasikan.

Walau pendaratan otomatis makin meningkat, ahli mengatakan masih banyak hal bergantung pada pemeriksaan visual pilot. Mereka mungkin terganggu beban kerja tinggi atau kaburnya landasan pacu di malam hari.

“Saya pikir penyelidikan akan banyak fokus pada jarak dan juga apa yang dapat dilihat oleh kru (JAL). Mungkinkah mereka secara fisik melihat pesawat itu di landasan pacu,” kata mantan penyelidik kecelakaan udara AS John Cox.

Pencahayaan merupakan masalah dalam tabrakan tahun 1991 antara pesawat USAir dan pesawat SkyWest Airlines di Bandara Los Angeles. “Salah satu dampaknya adalah awak USAir secara fisik tak bisa melihat SkyWest Metroliner. Meski berada di landasan pacu, pencahayaannya sedemikian rupa sehingga Anda secara fisik tak dapat melihatnya,” katanya.
Baca juga: cerutu4dterpercaya.com

Download Apps Detikcom Sekarang cerutu4dterpercaya.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *